5 Cara Membangun Teamwork di Tempat Kerja

Pastinya membangun sebuh team yang solid sangatlah penting untuk kemajuan perusahaan dan individu,teamwork bukan sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama, bukan pribadi. 


Kenapa teamwork sangat dibutuhkan di lingkungan kerja? 
Karena meski Anda memiliki tanggung jawab sendiri, Anda merupakan bagian dari organisasi dimana satu dengan yang lain saling terhubung bagian marketing tidak bisa bekerja efektif jika ti dak di topang dengan produk yang bagus,produk yang bagus tidak laku jika tidak di dukung marketing yang handal semuanya saling berhubungan satu dengan yang lainya. 

Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi untuk mencapai hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara membangun teamwork di tempat kerja. 

1. Tujuan yang jelas 
Pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara spesifik jelas dan terukur. Untuk itu Anda harus melakukan mengatur pola komunikasi yang terbuka satu dengan yang lainya. 

2. Bangun kepercayaan 
Cara membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini,nah,..Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. 
Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggotak perlu takut dan jangan sampai anda membicarakan hal hal yang belum disepakati di belakang tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan dan tanpa perlu merasa sakit hati karna ini demi kemajuan bersama. 

3. Buat kegiatan untuk mendekatkan anggota tim 
Tak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim. Melakukan makan siang atau makan malam bersama-sama tim secara rutin da nada cara yang cukup efektif yaitu outbound bersama sambil berwisata di Obyek wisata guci, merupakan contoh sederhana sebuah kegiatan yang bisa mendekatkan tim. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal. 

4. Ciptakan sistem penghargaan 
Agar anggota tim merasa hasil kerja mereka dihargai adalah dengan membuat sistem reward (penghargaan). Siapa saja anggota tim yang berhasil menonjol, maka berilah penghargaan, bisa berupa insentif atau lainnya. Ciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim, namun tetap fokus pada tujuan bersama. 

5. Kompetensi dalam anggota tim 
Teamwork bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, apakah mungkin mendapatkannya melalui training atau pelatihan. 
Jadikan team anda lebih efektif dan Solid bersama kami  dengan Paket Team Work.
Training – Outbound – Team work di Obyek wisata Air panas Guci
atau tempat yang kita sepakati.
087774333890 /085642744662 (Phone/WA)